Connect with us

Market

Menilik Dampak Bunga Paylater Bank dan Fintech

Published

on

ilustrasi belanja online

Beberapa tahun terakhir, tren penggunaan paylater atau bayar kemudian di Indonesia terus meningkat dan digemari oleh banyak pengguna.

Pada dasarnya, metode ini menerapkan prinsip masyarakat bisa membeli barang dan jasa sekarang, lalu dibayar kemudian. Temponya bisa dalam 30 hari, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, sampai 12 bulan. Dalam pengembalian tersebut, tak lupa disertai dengan bunga, tentunya.

Berdasarkan kajian Research and Market, minimnya penetrasi kredit perbankan di Indonesia mendorong pertumbuhan BNPL. Di sisi lain, penetrasi ponsel pintar begitu kuat. Kemudahan akses BNPL melalui ponsel pintar membuat bisnis ini memiliki masa depan cerah.

“Sekitar 40% pengguna di dunia memilih BNPL karena tidak memiliki kartu kredit. Indonesia memiliki masalah yang sama, karena lebih dari separuh populasi belum tersentuh layanan perbankan,” tulis riset tersebut, seperti dikutip oleh Optika.id.

Meskipun menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, akan tetapi pengguna harusnya mawas dengan bunga paylater yang sejatinya masih tinggi tersebut.

Di satu sisi, data inflasi terbaru membuat pasar makin yakin jika bank sentral AS atau The Fed bakal menaikkan suku bunganya secara agresif. Saat suku bunga tersebut tinggi, maka biaya yang harus ditanggung oleh konsumen BNPL otomatis akan ikut naik.

Sementara itu, Perencana Keuangan, Risza Bambang menjelaskan jika perubahan kondisi ekonomi di pasar global ini bakal berdampak pada sistim keuangan. Terlebih pada utang yang dipasarkan atau digunakan dengan memakai alat pembayaran seperti kartu kredit atau paylater ini.

“Sehingga kenaikan suku bunga pasti berpengaruh langsung dengan bunga utang yang dibebankan pada kartu kredit atau paylater mengingat konsep bisnis perbankan adalah jualan kredit sebagai aset untuk bayar liabilitas produk tabungan/deposito/giro,” ujar Risza ketika dihubungi, Senin (13/6/2022).

Menurut Risza, adalah suatu kepastian jika setiap produk memiliki kelebihan atau keunggulan dan beban yang harus ditanggung sebagai kompensasi atas fleksibilitas serta kemudahan penggunaannya. Tak terkecuali kartu kredit maupun paylater ini.

Kelebihan dan kekurangan kartu kredit, sambung Risza, terletak pada beban biayanya, namun hal tersebut bisa diatasi dengan dibayar sebagian dengan kontraprestasi berupa beban bunga.

Selain itu, kartu kredit juga didukung oleh jaringan internasional yang berintegrasi antar bank sehingga bisa dipakai di seluruh dunia tanpa adanya kesulitan administrasi maupun teknologi di kemudian hari.

Kartu kredit juga bisa memberikan peluang mendapatkan limit kredit yang tinggi. Bahkan, dalam beberapa kasus jika memenuhi syarat, kartu kredit bisa memberikan approval early untuk pembelian asset seperti kendaraan hingga rumah dengan nilai tertentu.

Sementara untuk fitur paylater, tagihan harus dibayar lunas dalam jangkauan waktu tertentu, otherwise kena beban bunga dan kredit suspend sampai dengan lunas. Selain itu nilai limit terbatas, tidak sebesar kartu kredit jenis Platinum atau Gold. 

“Namun paylater mempunyai target market yang lebih luas dan besar, bisa menjangkau sampai dengan masyarakat level bawah. Menggunakan teknologi digital dari mobile phone untuk penggunaannya sehingga tidak perlu lagi harus bawa kartu di dompet,” tambah Risza.

Hal tersebut tercermin dari pemain paylater Akulaku yang mengaku belum menyesuaikan tingkat suku bunga. Ketika dimintai keterangan, Presiden Direktur Akulaku, Efrinal Sinaga menjelaskan jika Akulaku kedepannya masih sangat bergantung dari perkembangan Cost of Fund dari Bank Kreditur yang bekerja sama dengan mereka.

Baca Juga:

  1. Inilah 5 Layanan Paylater yang Paling Banyak Penggunanya di Indonesia
  2. 2 Alasan PayLater Begitu Populer Saat Ini
  3. Inilah Perbedaan Paylater & Pinjol

Menurut Efrinal, bunga yang dikenakan kepada nasabah Akulaku berkisar 0% hingga 3% tergantung dari program cicilan yang nasabah ambil. Kendati bunganya cukup tinggi, Efrinal menilai jika hal tersebut tidak mempengaruhi minat pengguna.

“Selama angsuran per bulan dapat terpenuhi, nasabah tetap akan menggunakan paylater,” ucapnya, Senin (13/6/2022).

Hal tersebut pun dibuktikan dengan adanya pembiayaan bulanan yang rata-rata per bulannya naik sekitar 25% dari tahun lalu. Saat ini, rata-rata pembiayaan di Akulaku per bulannya bisa menyentuh Rp 1 triliun. Pengguna pun sudah mencapai lebih dari 7 juta, meningkat lebih 20%.

“Bunganya sedikit lebih besar dari Kartu Kredit. Namun konsumen kami sebagian besar unbankable yang tidak mungkin mendapatkan fasilitas (Credit Card) dari Bank,” tegas Efrinal. 

Efrinal menerangkan, kelebihan dari Paylater yaitu, membantu keleluasaan cash management, selain itu bagi yang shortage cash nya bisa mendapatkan barang diawal, namun bayarnya bisa belakangan, punya fasilitas plafon kredit tanpa menyerahkan agunan.

Sementara itu, dirinya mengakui jika kelemahannya memang terkait suku bunga sedikit di atas kartu kredit, karena pinjaman ini termasuk yang unsecured loan (tanpa jaminan). Berutang dengan bunga rendah memang bisa didapatkan jika menggunakan kartu kredit dengan rata-rata di bawah 2%.

Kartu kredit BRI misalnya yang memiliki bunga 1,75%. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto pun bilang bahwa segmentasi pasar dari kartu kredit BRI ini diarahkan bagi pengguna yang berbelanja di merchant offline.

Kendati di tengah meningkatnya transaksi paylater, volume transaksi kartu kredit BRI pun masih bisa meningkat 8% secara yoy pada April 2022.

“Peningkatan volume transaksi tersebut berasal dari transaksi groceries, fashion, healthcare dan gadget & electronic,” ujar Aes.

Meskipun sudah ada kartu kredit, Aes pun menyebut ada transformasi digital yang tengah dilakukan oleh BRI dengan salah satu produknya yaitu pinjaman digital bernama Ceria dengan bunga yang ditawarkan sebesar 1,42%.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Market

Asing Dominan, Ini Daftar Broker Penguasa Perdagangan Saham BEI

Published

on

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI)

Transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) kian semarak. Hal ini ditandai oleh laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menyentuh rekor tertingginya di level 6.850,19.

Kenaikan IHSG ke level tertinggi itu tidak terlepas dari perusahaan sekuritas yang menyokong aktivitas transaksi harian di bursa. Menariknya, dari sisi investor yang didominasi investor ritel domestik, diketahui kian menguasai transaksi di bursa saham Tanah Air.

Berdasarkan data BEI, ada 10 perusahaan sekuritas yang menjadi penguasa sahah di BEI.

Baca Juga:

  1. Pulau Kemaro, Pulau Mini Palembang yang Mendunia
  2. Air Terjun Putri Nglirip Tuban, Indah tapi Bikin Putus Cinta
  3. Indahnya Pantai Ngurbloat, Punya Pasir Terlembut se-Asia

Pertama, adalah Mirae Asset Sekuritas Indonesia dengan nilai transaksi Rp 13,99 triliun. Kedua, ada UBS Sekuritas Indonesia dengan torehan transaksi Rp 9,28 triliun.

Selanjutnya, Maybank Sekuritas Indonesia senilai Rp 8,11 triliun. JP Morgan Sekuritas Indonesia berada di peringkat keempat dengan nilai transaksi Rp 7,41 triliun dan Mandiri Sekuritas di peringkat kelima dengan nilai transaksi Rp 7,31 triliun.

Selanjutnya, di peringkat keenam, Indo Premier Sekuritas menorehkan nilai transaksi Rp 6,96 triliun diikuti oleh CGS-CIMB Sekuritas Indonesia senilai Rp 6,50 triliun.

Adapun, tiga sekuritas lainnya yang juga masuk daftar adalah Semesta Indovest Rp 4,46 triliun, Credit Suisse Sekuritas Indonesia Rp 4,23 triliun dan Macquarie Sekuritas Indonesia senilai Rp 3,66 triliun.

Daftar broker penguasa saham di BEI:

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia
  2. Indo Premier Sekuritas
  3. Ajaib Sekuritas Asia
  4. Mandiri Sekuritas
  5. IBS Sekuritas Indonesia
  6. BNI Sekuritas
  7. Semesta Indovest Sekuritas
  8. Philip Sekuritas Indonesia
  9. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia
  10. MNC Sekuritas
Continue Reading

Market

Keren, Singapura Mulai Terima Pembayaran dengan Kripto

Published

on

Ilustrasi Aset Kripto

Kini pembayaran dengan mata uang kripto atau cryptocurrency telah diterima oleh berbagai bisnis di Singapura. Diantaranya yaitu, e-retailer peralatan rumah tangga “&glazed”.

Bahkan &glazed menerima pembayaran menggunakan mata uang kripto sebelum memiliki opsi pembayaran tanpa uang tunai (cashless) yang sudah biasa ada di toko-toko, dikutip Channel New Asia (CNA) pada Kamis (19/5/2022).

Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin merupakan sejumlah jenis cryptocurrency yang diterima untuk pembayaran di toko online mereka dari awal tahun. Minatnya pada sektor yang terus berkembang tersebut membuat pendiri &glazed Lionel Lim mengambil keputusam tidak biasa itu.

Di bursa kripto yang berbasis di Singapura, Lim berinvestasi dalam cryptocurrency serta juga memiliki pekerjaan penuh waktu. Diketahui, alasan lain toko online mereka menirima aset digital tersebut, karena baginya akan semakin banyak orang berbelanja di toko onlinenya jika memiliki metode pembayaran yang banyak.

Baca Juga:

  1. Ini yang Wajib Dilakukan Investor Ketika Harga Kripto Anjlok
  2. Ini 5 Saran untuk Pemula yang Ingin Mulai Investasi Kripto
  3. Atasi Ponzi, AS, Kanada, Australia, & Belanda Sepakat Berbagi Data Kriminal Kripto

Kepada CNA dirinya mengatakan bahwa, “Kami ingin membuatnya semulus mungkin-sejauh apa pun yang Anda ingin bayar, kami mendapatkannya.”

Lim mengatakan sampai sekarang masih sangat sedikit yang mau membayar menggunakan kripto, meski telah cukup lama menerima pembayaran dengan kripto. Menurutnya, dengan pembayaran mata uang kripto hanya menghasilkan 1 persen dari total pesanan tingkat penerimaannya begitu rendah.

Ia menyebutkan sudah disimpan pemasukan itu dari dompet digital perusahaan di platform pembayaran yang digunakan untuk menerima cryptocurrency, yakni Coinbase Commerce. Untuk mencairkannya, dirinya juga mengaku tidak terlalu terburu-buru.

Continue Reading

Market

Ini Daftar 20 Investasi Bodong yang Diblokir OJK

Published

on

By

Ilustrasi Investasi Bodong

Melalui Satgas Waspada Investasi (SWI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memblokir 20 entitas investasi ilegal atau bodong pada Maret 2022.

Di mana beberapa di antaranya bahkan mengatasnamakan platform resmi. Sebanyak 20 entitas ini yang diketahui telah melakukan penawaran investasi tanpa izin ditemukan oleh SWI.

Ditemukan 9 entitas melakukan money game, 3 entitas melakukan kegiatan robot trading ilegal, dan 3 entitas melakukan perdagangan aset kripto tanpa izin dari ke-20 platform tersebut.

Berikut daftar 20 platform investasi bodong yang diblokir OJK:

Baca Juga:

  1. Begini Cara Investasi Kripto Lewat Komunitas Launchpad
  2. Wah, Dana Belasan Miliar Rupiah dari Investasi Robot Trading Bodong Mengalir ke-6 Klub Bola Indonesia
  3. Kamu Wajib Tahu, Ini Dia 4 Jenis Investasi Kripto

  1. One Kois Farm: penawaran investasi perikanan tanpa izin.
  2. PT Infishta Digital Indonesia: equity crowdfunding tanpa izin.
  3. PT Tunnel Akselerasi Indonesia: modal ventura tanpa izin.
  4. PT Teknologi Otomatis Roket/Robot Trading Sparta: perdagangan robot trading tanpa izin.
  5. PT Kaidah Network Sukses (PS89): perdagangan robot trading tanpa izin.
  6. PT Trading Sukses Abadi: perdagangan robot trading tanpa izin.
  7. PT Bayban Sinergy International/BB Trad: penyelenggara forex tanpa izin.
  8. Restro Success Club Training Trading Ilegal: penyelenggara forex tanpa izin.
  9. Cryptoinmine: penyelenggara investasi aset kripto tanpa izin
  10. PT Dreamboat Kapital Indonesia: penyelenggara investasi aset kripto tanpa izin
  11. PT Rechain Digital Indonesia/Reward City Indonesia/PT Kota Hadiah Indonesia: penyelenggara investasi aset kripto tanpa izin
  12. PT Zeus Kreatif Indonesia/Zeus Academy: penyelenggara investasi aset kripto tanpa izin
  13. Eri Jatmiko/Erick Mikko/Bocah Cep: money game.
  14. Indflux Investment: money game.
  15. Zigstrade.com: money game.
  16. Agtkomer.com: money game
  17. Borobudurs: money game
  18. Duplikasi nama HERTZ di Telegram: money game dengan mengatasnamakan HERTZ.
  19. Duplikasi nama PT Upbit Exchange di Telegram: money game dengan mengatasnamakan PT Upbit Exchange.
  20. Duplikasi nama PT Raiz Invest Indonesia di Telegram: money game dengan mengatasnamakan PT Raiz Invest Indonesia.

Diketahui SWI telah menghentikan 19 entitas robot trading dan 634 platform perdagangan berjangka komoditi (PBK), termasuk platform binary option sejak awal tahun 2022 hingga Maret.

SWI dari 12 Kementerian atau lembaga melakukan penanganan itu secara bersama-sama. SWI juga meneruskan laporan ke Bareskrim Polri untuk penindaklanjutan, selain menghentikan aktivitas dan mengumumkannya kepada masyarakat.

Continue Reading

Latest News

CityView2 bulan ago

Demi Bangun IKN Nusantara, Kementerian PUPR Kirim 25 Orang ke Korsel Belajar Smart City

Kementerian PUPR mengirim 25 orang untuk belajar smart city concept untuk diterapkan di IKN Nusantara ke Korea Selatan. Negara ini...

Kesehatan-Kecantikan2 bulan ago

Asam Jawa, Tanaman Pengundang Makhluk Halus yang Jadi Obat Tradisional Indonesia

Meskipun disebut dengan nama asam Jawa, pohon asam Jawa (Tamarindus indica) aslinya berasal dari benua Afrika. Orang-orang India mengembangkannya karena...

Hangout3 bulan ago

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner. Bahkan...

Properti3 bulan ago

Jadi Buruan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19, Ini Pengertian Hunian Private Cluster

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan khususnya untuk mengantisipasi situasi pandemi. Perumahan mini real estat dengan jumlah unit terbatas lebih mudah...

Traveling3 bulan ago

Ramah untuk Wisatawan Muslim, Ini 4 Alasan Orang Indonesia Wajib Liburan ke Turki

Tempat wisata ramah muslim memiliki peluang menggiurkan saat ini. Sebab itulah beberapa negara sangat gencar menawarkan wisata jenis ini. Turki...

Pojok3 bulan ago

Tradisi Aji Ugi, Pergumulan Islam & Budaya yang Jadi Kebanggan Orang Bugis

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Umat Islam juga meyakini bahwa haji adalah ibadah yang pahalanya berlipat ganda....

Infrastruktur3 bulan ago

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir...

Histori3 bulan ago

Asal-muasal Nama Depok, Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi yang Kini Jadi Penyangga Ibu Kota

Selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kota Depok juga merupakan wilayah penyangga...

Traveling3 bulan ago

Pulau Asu, The Paradise on Earth Asli Indonesia

Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Asu berada di wilayah...

Internasional3 bulan ago

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah...

Internasional3 bulan ago

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden...

Properti3 bulan ago

Inilah Standar Rumah Sehat Sesuai SNI

Pandemi Covid-19 yang kita jalani sejak awal tahun 2020 telah mengubah lifestyle hingga konsep rumah. Penerapan rumah yang sehat mutlak...

Nasional3 bulan ago

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang...

COVID-19Update3 bulan ago

Korea Utara Sebut Benda Alien di Perbatasan Korsel Sebagai Penyebab Pandemi Covid-19

Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait pandemi Covid-19. Mereka menyatakan wabah Covid-19 di negara mereka dimulai dari pasien yang menyentuh...

Internasional3 bulan ago

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga...

Nasional3 bulan ago

Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina

Untuk melihat situasi dan memberi dukuan terhadap Ukraina atas perang yang terjadi, beberapa pemimpin negera pun mengunjungi Kyiv. Bahkan, terbaru...

Lifestyle3 bulan ago

Anak Kecanduan Gadget? Simak 6 Tips Menghentikannya

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan...

CityView3 bulan ago

Perkenalkan Bubakan, Kampung Elite Para Tukang Bakso di Wonogiri

Diketahui, karena pidato dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP Perjuangan pada Selasa (21/6/2022) menyebut kata...

Hangout3 bulan ago

Museum PETA, Simbol Penghargaan untuk Pejuang Tanah Air

Museum PETA yang berada di Bogor merupakan destinasi wisata sejarah yang dapat kalian kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia....

Bisnis3 bulan ago

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang...

Teknologi3 bulan ago

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM)...

Sosial-Budaya3 bulan ago

Melacak Jejak Sirih dan Pinang, Budaya Nginang Masyarakat Indonesia

Tradisi nyirih kini hanya tersisa dalam sebuah masyarakat tradisional, yang notabene sedikit terpapar oleh proyek modernitas atau proses pembaratan secara...

CityView3 bulan ago

Fenomena Klitih dan Munculnya Maskulinitas Semu

Fenomena Klitih mengalami pergeseran makna dari sesuatu yang positif menjadi sesuatu yang negatif. Jika dulu klitih dimaknai sebagai cara untuk menghilangkan rasa...

Internasional3 bulan ago

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor. Di mana...

Internasional3 bulan ago

Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman,...

Trending