Connect with us

Otomotif

Resmi Diperkenalkan, Begini Penampakan Mobil Listrik Wuling

Published

on

Mobil listrik Wuling

Hari ini, Rabu (1/6/2022), Wuling Motors secara resmi telah menampilkan eksterior mobil listrik mereka dalam acara pre-launch Wuling EV, yang diberi tajuk Electrify Your World. Ini merupakan langkah nyata Wuling untuk mewujudkan komitmen mereka dalam percepatan elektrifikasi kendaraan, khususnya di Indonesia.

Mobil yang diberi kode nama Wuling EV ini berbeda dengan model konsep yang selama ini diperkenalkan di pameran GIIAS 2021 dan IIMS 2022. Ini terlihat dari lampu LED yang memanjang secara horizontal dan logo yang menyala. Mobil tersebut memiliki warna dual tone.

Baca Juga:

  1. Mobil Listrik Wuling Mengaspal Besok?
  2. Jangan Lewatkan! Hingga 4 Juni Replika Mobil Formula E Dipajang di Bundaran HI
  3. Daftar Nama Mobil yang Kurang Laku di RI

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menjelasakan, mobil listrik ini didesain khusus untuk pasar Indonesia. Walau memiliki platform sama, Wuling EV memiliki desain berbeda dengan prototipe Wuling GSEV yang diperkenalkan di beberapa pameran.

“Desain benar-benar baru. R&D dikembangkan di Indonesia dan China. Secara desain ini yang pertama di Indonesia. Jadi belum ada untuk pasar global,” ujar Danang dalam press conference di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Ashamahani mengatakan ini adalah model mobil yang akan diluncurkan di Indonesia pada tahun ini. Saat ini, pihaknya masuh melakukan studi terkuat harga untuk pasar di Indonesia.

“Pengenalan mobil listrik ini sebagai bukti keseriusan kami menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia. Ini model yang belum ada di manapun. Untuk fitur dan harga kami masih studi untuk pasar Indonesia,” katanya.


Meski demikian, Wuling memberikan bocoran jarak tempuh mobil listrik ini memiliki jarak tempuh 200 km hingga 300 km. Ini dinilai cocok dengan kebutuhan mobil listrik di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Otomotif

Mantap, Seluruh Pengemudi Gojek Bakal Gunakan Motor Listrik

Published

on

Pengemudi Gojek

Dalam tiga sampai empat tahun ke depan, seluruh pengemudi Gojek bakal menggunakan motor listrik. Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA).

Dia menyatakan motr listrik ini bisa digunakan untuk pesan makanan dan semua layanan di aplikasi Gojek.

“Tinggal pesan di aplikasinya bisa pakai (motor) elektrik, jadi itu nanti bakal jadi pilihan. Mudah-mudahan 3 sampai 4 tahun bakal semuanya begini ya,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Kopi Pakesang Khas Ternate Terpilih Jadi Kopi Rempah Terbaik se-Nusantara
  2. Kopi Takar Mandailing, Cangkirnya dari Batok Kelapa & Sedotannya dari Kayu Manis
  3. Kopi Jahe, Perekat Kehangatan Persaudaraan Masyarakat Betawi

“Bukan hanya untuk GoTo, kita menjualnya buat semua,” imbuh Pandu.

Motor listrik ini juga akan didukung dengan ekosistem, seperti kerja sama yang sudah dijalin dengan Pertamina. Nantinya pengguna bisa dengan mudah menukar baterai pada motor listrik dan melanjutkan perjalan kembali.

“Tinggal ganti lima detik, buka charge, masuk, udah ada itu standby. Motor ini bisa 120 kilo sekali isi baterai,” ungkapnya.

Antara GoTo dan TBS, sama-sama memiliki visi yang sama yakni perubahan energi yang jauh lebih baik. Apalagi di kota-kota besar, karena memang saat ini penting untuk menjaga kualitas udara dan kualitas hidup.

“Jadi kita semua sama misinya, mencapai nol emisi tahun 2030. Jadi buat kita ramah lingkungan itu sangat penting kita juga pengen green business ke depannya,” pungkas Pandu.

Untuk diketahui, TBS Energi bersama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sudah membentuk perusahaan patungan bernama Electrum.

Continue Reading

Otomotif

Inilah Spesifikasi Bus Listrik Navya Arma, Siap Diboyong ke IKN Nusantara

Published

on

navya arma

Sinarmas Land bersama Mitsubishi Corporation telah meresmikan uji coba kendaraan listrik otonom di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Kendaraan listrik yang didatangkan dari Perancis ini memiliki merek Navya, dengan modelnya yang bernama Arma.

Kendaraan ini rencananya akan dioperasikan di dua titik lokasi, yakni Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bangga sektor swasta telah berperan aktif mendukung upaya pemerintah menghadirkan kendaraan masa depan ini di Indonesia.

Pemerintah berencana menggunakan sistem kendaraan listrik otonom (autonomous vehicle/AV) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Secara perdana, bus listrik mini otonom Navya Arma pun dioperasikan oleh Sinar Mas Land di kawasan BSD, Banten.

Baca Juga:

  1. Gandeng Pemprov DKI, WIR Group Kembangkan Metaverse Jakarta
  2. Gali Masa Depan Dunia, Indosat Lebarkan Sayap ke Metaverse
  3. Rusia Uji Coba Rudal Antar Benua, Putin: Musuh Pasti Bakal Was-Was

Di sisi lain, perkembangan kendaraan otonom terhitung lahir beriringan dengan adopsi teknologi listrik dan penggunaan teknologi internet pada kendaraan. Salah satu negara yang mulai banyak mengoperasikan AV adalah Amerika Serikat.

Lebih jauh, Amerika Serikat telah membuat pedoman agar transportasi tanpa kendali tersebut tetap aman bagi publik.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang merupakan bagian dari Departemen Perhubungan (Department of Transport/DOT) Amerika Serikat melakukan penelitian terkait kendaraan nirsopir untuk menyelamatkan nyawa, mencegah cedera, dan mengurangi biaya ekonomi dari kecelakaan di jalan raya.

Dari segi ukuran, bus ini memiliki panjang 4,7 meter, lebar 2,1 meter, dan tinggia 2,6 meter. Kabinnya memiliki kapasitas penumpang hingga 15 orang, dengan format 11 duduk dan 4 berdiri.

Performa dari motor listrik yang digunakan sanggup menghadirkan 25 KW. Pihak pabrikan membatasi kecepatan maksimal dari bus ini hanya 25 kilometer per jam.

Bus ini juga sangat ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik yang disimpan di dalam baterai lithium ion berkapasitas 33 kWh. Dari keterangan resmi, jarak operasinya terbatas di 30 km sekali pengecasan.

navya arma

Sebagai kendaraan otonom, bus ini bisa beroperasi secara mandiri tanpa bantuan pengemudi. Sebagai gantinya, bus ini mengandalkan Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dipadukan sensor LiDAR dengan kamera resolusi tinggi untuk kebutuhan analisis data serta pemetaan lingkungan di sekitar kendaraan.

Sistem tersebut mampu mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasi halangan yang ada di sekitar bus secara real time. Dengan begitu sistem mampu menentukan lintasan dan profil kecepatan yang ideal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan Sinar Mas Land yang mentransformasi BSD City sebagai integrated smart digital city pun menghadirkan inovasi ini dengan Mitsubishi Corporation. Hal ini juga menjadi pembuktian sekaligus uji coba penggunaan kendaraan listrik tanpa sopir.

“Untuk menjadi kota pintar yang terdepan, kami menyiapkan BSD City untuk tanggap terhadap beragam alternatif solusi kehidupan masyarakat di masa depan. Ini membuat Research and Development menjadi salah satu agenda penting dalam transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city,” ungkap Irawan melalui keterangan resminya.

“Keberadaan BSD City sebagai testbed untuk kendaraan listrik tanpa awak juga mewujudnyatakan kesiapan kota mandiri ini untuk futuristic and green mobility,” dia menambahkan.

Continue Reading

Otomotif

Pengguna Kendaraan Listrik di Indonesia Ternyata Belum Capai 1 Persen

Published

on

By

Mobil Listrik

Penggunaan kendaraan di Indonesia hingga saat ini masih amat rendah. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air masih kurang dari 1 persen atau 1.000 kendaraan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara dalam webinar Indef, Rabu (20/4/2022). Padahal, Pemerintah saat ini sedang mengampanyekan untuk menjadi pemain utama kendaraan listrik dunia.

“Menurut data kami, 70 persen konsumen kendaraan motor roda empat atau lebih memilih kendaraan di bawah Rp300 juta, sementara kendaraan listrik itu harganya masih di atas Rp600 juta bahkan Rp1 miliar dan ini konsumennya kurang dari 1 persen,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Fosil Waduk Saguling, Bukti Kehidupan Hewan Purbakala 12 Ribu Tahun Lalu
  2. Hari Primata Nasional, Menelisik Upaya Pencegahan Kepunahan Primata
  3. 5 Satwa yang Dilindungi di Indonesia dan Hampir Punah Keberandaanya

“Potensinya kita cukup tinggi di Asean. Dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa itu rasio jumlah kepemilikan mobilnya baru 99 mobil per 1.000 penduduk. Sementara Malaysia yang penduduknya 37 juta itu rasionya sudah di atas 400 dan Thailand di atas 240 mobil per 1.000 penduduk. Jadi, potensinya cukup besar,” jelasnya.

Di lain sisi, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad menyebut kendaraan listrik masih harus menemui tantangan yang tidak mudah. Salah satunya harga kendaraan.

“Harganya masih mahal, satu kendaraan listrik katakan lah masih Rp600 juta. Dibandingkan dengan mobil sejenisnya yang konvensional menggunakan bahan bakar minyak itu masih lebih mahal yang baterai,” imbuh dia.

Selain itu, pusat daur ulang baterai listrik hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) jumlahnya pun masih kurang memadai. Dengan demikian, ini bisa menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan kendaraan listrik.

Dalam rangka memuluskan pengembangan mobil listrik, Tauhid memberikan sejumlah rekomendasi kebijakan yang perlu diambil. Pertama, pemerintah perlu mengundang lebih banyak investor asing khususnya dari China dan Korea.

Kedua, pemerintah juga perlu memberikan sejumlah insentif tambahan bagi pelaku industri hingga pengguna kendaraan listrik.

“Misalnya dengan pembebasan PPN, PKB, dan PPnBM serta insentif lainnya seperti kredit, subsidi, hingga keharusan menggunakan kendaraan listrik dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah misalnya,” ungkapnya.

Ketiga, perlunya disinsentif kendaraan berbahan bakar minyak seperti peningkatan PPnBM hingga pengenaan pajak dan cukai BBM.

Continue Reading

Latest News

CityView2 bulan ago

Demi Bangun IKN Nusantara, Kementerian PUPR Kirim 25 Orang ke Korsel Belajar Smart City

Kementerian PUPR mengirim 25 orang untuk belajar smart city concept untuk diterapkan di IKN Nusantara ke Korea Selatan. Negara ini...

Kesehatan-Kecantikan2 bulan ago

Asam Jawa, Tanaman Pengundang Makhluk Halus yang Jadi Obat Tradisional Indonesia

Meskipun disebut dengan nama asam Jawa, pohon asam Jawa (Tamarindus indica) aslinya berasal dari benua Afrika. Orang-orang India mengembangkannya karena...

Hangout3 bulan ago

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner. Bahkan...

Properti3 bulan ago

Jadi Buruan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19, Ini Pengertian Hunian Private Cluster

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan khususnya untuk mengantisipasi situasi pandemi. Perumahan mini real estat dengan jumlah unit terbatas lebih mudah...

Traveling3 bulan ago

Ramah untuk Wisatawan Muslim, Ini 4 Alasan Orang Indonesia Wajib Liburan ke Turki

Tempat wisata ramah muslim memiliki peluang menggiurkan saat ini. Sebab itulah beberapa negara sangat gencar menawarkan wisata jenis ini. Turki...

Pojok3 bulan ago

Tradisi Aji Ugi, Pergumulan Islam & Budaya yang Jadi Kebanggan Orang Bugis

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Umat Islam juga meyakini bahwa haji adalah ibadah yang pahalanya berlipat ganda....

Infrastruktur3 bulan ago

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir...

Histori3 bulan ago

Asal-muasal Nama Depok, Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi yang Kini Jadi Penyangga Ibu Kota

Selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kota Depok juga merupakan wilayah penyangga...

Traveling3 bulan ago

Pulau Asu, The Paradise on Earth Asli Indonesia

Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Asu berada di wilayah...

Internasional3 bulan ago

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah...

Internasional3 bulan ago

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden...

Properti3 bulan ago

Inilah Standar Rumah Sehat Sesuai SNI

Pandemi Covid-19 yang kita jalani sejak awal tahun 2020 telah mengubah lifestyle hingga konsep rumah. Penerapan rumah yang sehat mutlak...

Nasional3 bulan ago

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang...

COVID-19Update3 bulan ago

Korea Utara Sebut Benda Alien di Perbatasan Korsel Sebagai Penyebab Pandemi Covid-19

Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait pandemi Covid-19. Mereka menyatakan wabah Covid-19 di negara mereka dimulai dari pasien yang menyentuh...

Internasional3 bulan ago

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga...

Nasional3 bulan ago

Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina

Untuk melihat situasi dan memberi dukuan terhadap Ukraina atas perang yang terjadi, beberapa pemimpin negera pun mengunjungi Kyiv. Bahkan, terbaru...

Lifestyle3 bulan ago

Anak Kecanduan Gadget? Simak 6 Tips Menghentikannya

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan...

CityView3 bulan ago

Perkenalkan Bubakan, Kampung Elite Para Tukang Bakso di Wonogiri

Diketahui, karena pidato dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP Perjuangan pada Selasa (21/6/2022) menyebut kata...

Hangout3 bulan ago

Museum PETA, Simbol Penghargaan untuk Pejuang Tanah Air

Museum PETA yang berada di Bogor merupakan destinasi wisata sejarah yang dapat kalian kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia....

Bisnis3 bulan ago

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang...

Teknologi3 bulan ago

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM)...

Sosial-Budaya3 bulan ago

Melacak Jejak Sirih dan Pinang, Budaya Nginang Masyarakat Indonesia

Tradisi nyirih kini hanya tersisa dalam sebuah masyarakat tradisional, yang notabene sedikit terpapar oleh proyek modernitas atau proses pembaratan secara...

CityView3 bulan ago

Fenomena Klitih dan Munculnya Maskulinitas Semu

Fenomena Klitih mengalami pergeseran makna dari sesuatu yang positif menjadi sesuatu yang negatif. Jika dulu klitih dimaknai sebagai cara untuk menghilangkan rasa...

Internasional3 bulan ago

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor. Di mana...

Internasional3 bulan ago

Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman,...

Trending