NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | KupasOnline | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | Newsroom | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat JetSeo
Radio Siarkan Azan 4 Menit Lebih Cepat, Warga Malaysia Batal Berjamaah - Portal Berita MyCity Depok
Connect with us

Internasional

Radio Siarkan Azan 4 Menit Lebih Cepat, Warga Malaysia Batal Berjamaah

Published

on

Ilustrasi Buka Puasa

Pada hari puasa pertama Ramadan, salah satu radio lokal di Malaysia, Tawau FM mengumandangkan azan magrib empat menit lebih cepat dari waktu yang sebenarnya.

Hal itu terjadi pada 3 April 2022 kemarin. Umat muslim yang membatalkan puasa karena mendengar azan tersebut diminta untuk menggantinya saat bulan Ramadan telah usai.

Mohd Safwan Junit yang merupakan penyiar yang bertugas pada saat itu mengakui kesalahannya. Selain itu, dengan melalui akun Facebooknya pun ia menyampaikan permintaan maaf.

Diketahui akibat kesalahan itu azan magrib di radio tersebut disiarkan dua kali, yakni pada pukul 18.16 dan 18.20 waktu Malaysia.

Baca Juga:

  1. Tapa Puasa: Cara Masyarakat Jawa Kuno Melakoni Puasa Sebelum Islam Datang
  2. Enaknya Puasa Ramadan di Singapura, Boleh Bukber, Salat Tarawih & Qiyamullail Berjamaah di Masjid
  3. Mengapa Gorengan Menjadi Hidangan Wajib Saat Buka Puasa?

Mengutip dari The Star pada Rabu (6/4/2022) Safwan Junit mengatakan bahwa, “Saya selaku presenter yang bertugas malam ini untuk segmen ‘Syoknya Hujung Minggu bertanggung jawab atas kesalahan teknis ketika azan Magrib disiarkan dua kali, yang pertama pukul 18.16 dan yang kedua pukul 18.20.”

Dirinya juga mengungkapkan saat itu azan dimainkan dan didengar lebih awal yang mana seharusnya dikumandangkan pada pukul 18.20. Hal tersebut membuat warga Tawau membatalkan puasa sebelum waktunya secara tidak sengaja.

Atas kekeliruan ini pun Departemen Penyiaran Malaysia, Sabah turun tangan dan meminta maaf kepada masyarakat. Sementara itu Mufti Sabah, Datuk Bungsu Aziz Jaafar, menilai umat muslim yang batal puasa atas hal itu harus tetap menggantinya.

Agar kejadian serupa tidak terjadi kembali, Aziz menyarankan umat Islam Malaysia berpatokan pada jadwal imsakiyah yang sudah dikeluarkan oleh pihak berwenang. Baginya waktu berbuka tidak mengacu pada azan yang disiarkan di radio, melainkan pada ketentuan ajaran islam.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Internasional

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Published

on

Tentara Rusia

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah mengunci kemenangan atas Ukraina.

Keberhasilan Rusia berhasil menguasai kota Lysychansk di Oblast Luhansk, Ukraina bagian Timur, menjadi dasar kuat Melvin menilai Rusia sudah menang.

“Saya pikir ini adalah kemenangan taktis bagi Rusia. Tetapi dengan biaya yang sangat besar,” katanya.

Baca Juga:

  1. Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia
  2. Sate Bulayak, Sate Sedap Khas Lombok yang Sarat Nilai Filosofis
  3. Lontong Roomo, Makanan Nikmat Khas Gresik yang Lahir di Era Sunan Giri

Ia membandingkan pertempuran itu dengan pertempuran besar untuk di Perang Dunia 1 yang ciri-cirinya merebut area teritorial. “Nilai strategis” dari kota-kota yang direbut Rusia sendiri tak banyak alias amat terbatas.

“Ini (Rusia) membutuhkan waktu 60 hari untuk membuat kemajuan yang sangat lambat,” katanya.

“Saya pikir Rusia mungkin menyatakan semacam kemenangan, tetapi pertempuran perang kunci masih belum datang.”

Hal sama juga dikatakan analis dari Institut Penelitian Kebijakan Luar Negeri yang berbasis di Amerika Serikat (S) Rob Lee. Karenanya, tegasnya, garis pertahanan Ukraina yang lain harus dikuatkan daripada kantong di provinsi Luhansk yang menyerah.

“Itu adalah sesuatu yang bisa ditunjukkan Putin sebagai tanda kesuksesan (di perang Ukraina),” katanya mengarah ke kemenangan Rusia.

“Tapi secara keseluruhan, ini tidak berarti Ukraina harus menyerah atau menyerah dalam waktu dekat,” tegas dia.

Continue Reading

Internasional

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Published

on

Juru Bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Seperti dinukil dari Kantor Berita Rusia TASS, Senin (4/7/2022), Peskov kepada wartawan tak menjelaskan lebih lanjut dari pesan tak tertulis Zelensky itu.

“Itu bukan sebuah pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Begini Upaya Pemerintah Atasi PMK pada Hewan Ternak Jelang Idul Adha
  2. 5 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
  3. 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

Sehari sebelumnya, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia setelah dari Ukraina. Dalam kunjungan kenegaraan ke Negara Beruang Merah itu, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Putin dan melakukan konferensi pers bersama setelahnya.

Jokowi mengklaim dirinya telah menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin dalam pertemuan bilateral tersebut. Jokowi juga menyampaikan niat untuk membantu dialog antara pemimpin Rusia dan Ukraina.

Sebelumnya, Juru Bicara Zelensky, Sergey Nikiforov, mengatakan bila pemimpinnya ingin mengirim pesan kepada Putin tak perlu perantara, karena bisa dilakukan secara langsung lewat pidato publik.

Continue Reading

Internasional

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Published

on

Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga menewaskan seorang wanita.

Diketahui, pada Rabu (29/6/2022) waktu setempat seorang wanita berusia 20 tahunan tewas usai kepalanya ditembus peluru di AS.

Ketika kejadi berlangsung, menurut polisi setempat wanita tersebut sedang mendorong kereta bayinya. Sebelum dinyatakan meninggal, ia pun sempat dilarikan ke rumah sakit saat itu.

Mengutip Reuters pada Kamis (30/6/2022), polisi setempat mengatakan bahwa, “Anaknya dalam keadaan tak terluka.”

Baca Juga:

  1. Pelaku Penembakan SD Texas Ternyata Unggah Rencananya di Facebook
  2. Inilah Sosok Salvador Ramos, Pelaku Penembakan di Sekolah Dasar Texas
  3. Cerita Pilu Ayah Korban Penembakan di Sekolah Dasar Texas

“Kami akan menemukan orang yang bersalah atas kejahatan mengerikan ini. Kami akan menemukannya dan meminta keadilan,” tambah Eric Adams, mayor polisi setempat.

Diketahui, pelaku penembakan itu adalah seseorang dengan memakai pakaian berwarna hitam. Kemudian dari belakang, ia mendakiti wanita tersebut.

Sementara itu terkait senjata api di AS, penembakan itu pun menandai serangkaian serangan terbaru. Di mana beberapa di antaranya tampak acak, yakni dengan menargetkan orang-orang di jalan-dan kereta bawah tanah New York. Sehingga warga sekitar menjadi resah atas hal yang terjadi ini.

Continue Reading

Latest News

CityView7 bulan ago

Demi Bangun IKN Nusantara, Kementerian PUPR Kirim 25 Orang ke Korsel Belajar Smart City

Kementerian PUPR mengirim 25 orang untuk belajar smart city concept untuk diterapkan di IKN Nusantara ke Korea Selatan. Negara ini...

Kesehatan-Kecantikan7 bulan ago

Asam Jawa, Tanaman Pengundang Makhluk Halus yang Jadi Obat Tradisional Indonesia

Meskipun disebut dengan nama asam Jawa, pohon asam Jawa (Tamarindus indica) aslinya berasal dari benua Afrika. Orang-orang India mengembangkannya karena...

Hangout7 bulan ago

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner. Bahkan...

Properti7 bulan ago

Jadi Buruan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19, Ini Pengertian Hunian Private Cluster

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan khususnya untuk mengantisipasi situasi pandemi. Perumahan mini real estat dengan jumlah unit terbatas lebih mudah...

Traveling7 bulan ago

Ramah untuk Wisatawan Muslim, Ini 4 Alasan Orang Indonesia Wajib Liburan ke Turki

Tempat wisata ramah muslim memiliki peluang menggiurkan saat ini. Sebab itulah beberapa negara sangat gencar menawarkan wisata jenis ini. Turki...

Pojok7 bulan ago

Tradisi Aji Ugi, Pergumulan Islam & Budaya yang Jadi Kebanggan Orang Bugis

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Umat Islam juga meyakini bahwa haji adalah ibadah yang pahalanya berlipat ganda....

Infrastruktur7 bulan ago

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir...

Histori7 bulan ago

Asal-muasal Nama Depok, Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi yang Kini Jadi Penyangga Ibu Kota

Selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kota Depok juga merupakan wilayah penyangga...

Traveling7 bulan ago

Pulau Asu, The Paradise on Earth Asli Indonesia

Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Asu berada di wilayah...

Internasional7 bulan ago

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah...

Internasional7 bulan ago

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden...

Properti7 bulan ago

Inilah Standar Rumah Sehat Sesuai SNI

Pandemi Covid-19 yang kita jalani sejak awal tahun 2020 telah mengubah lifestyle hingga konsep rumah. Penerapan rumah yang sehat mutlak...

Nasional7 bulan ago

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang...

COVID-19Update7 bulan ago

Korea Utara Sebut Benda Alien di Perbatasan Korsel Sebagai Penyebab Pandemi Covid-19

Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait pandemi Covid-19. Mereka menyatakan wabah Covid-19 di negara mereka dimulai dari pasien yang menyentuh...

Internasional7 bulan ago

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga...

Nasional7 bulan ago

Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina

Untuk melihat situasi dan memberi dukuan terhadap Ukraina atas perang yang terjadi, beberapa pemimpin negera pun mengunjungi Kyiv. Bahkan, terbaru...

Lifestyle7 bulan ago

Anak Kecanduan Gadget? Simak 6 Tips Menghentikannya

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan...

CityView7 bulan ago

Perkenalkan Bubakan, Kampung Elite Para Tukang Bakso di Wonogiri

Diketahui, karena pidato dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP Perjuangan pada Selasa (21/6/2022) menyebut kata...

Hangout7 bulan ago

Museum PETA, Simbol Penghargaan untuk Pejuang Tanah Air

Museum PETA yang berada di Bogor merupakan destinasi wisata sejarah yang dapat kalian kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia....

Bisnis7 bulan ago

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang...

Teknologi7 bulan ago

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM)...

Sosial-Budaya7 bulan ago

Melacak Jejak Sirih dan Pinang, Budaya Nginang Masyarakat Indonesia

Tradisi nyirih kini hanya tersisa dalam sebuah masyarakat tradisional, yang notabene sedikit terpapar oleh proyek modernitas atau proses pembaratan secara...

CityView7 bulan ago

Fenomena Klitih dan Munculnya Maskulinitas Semu

Fenomena Klitih mengalami pergeseran makna dari sesuatu yang positif menjadi sesuatu yang negatif. Jika dulu klitih dimaknai sebagai cara untuk menghilangkan rasa...

Internasional7 bulan ago

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor. Di mana...

Internasional8 bulan ago

Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman,...

Trending